Rabu, 14 Agustus 2019

SOAL BESERTA JAWABAN TENTANG ANALISA PASAR

Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Pasar Beserta Jawaban
  1. Suatu tempat dapat disebut pasar jika ...
    a. Tempatnya ramai
    b. Antarpenjual saling bersaing
    c. Terdapat transaksi jual beli
    d. Barang yang dijual banyak macamnya
  2. Pasar beras mendekati bentuk pasar...
    a. Persaingan monopolistik
    b. Persaingan sempurna
    c. Monopoli
    d. Monopsoni
  3. Syarat-syarat pasar:
    1) Adanya penjual dan pembeli
    2) Tersedianya barang yang diperjualbelikan
    3) Ada tempat yang permanent untuk melakukan transaksi
    4) Terdapat transaksi jual beli
    Dari data diatas, syarat-syarat terjadinya pasar adalah....
    a. 1,2
    b. 1,2,3
    c. 1,2,4
    d. 1,2,3,4
  4. Pasar yang berfungsi memperlancar pendistribusian adalah....
    a. Fungsi distribusi
    b. Fungsi promosi
    c. Pembentukan harga
    d. Produksi
  5. Berikut ini yang bukan merupakan contoh pasar abstrak adalah ....
    a. Pasar buah
    b. Pasar uang
    c. Pasar modal
    d. Pasar tenaga kerja
  6. Ciri-ciri pasar konkrit adalah....
    a. Transaksi penjualan melalui telepon
    b. Pelaku ekonomi adalah masyarakat umum
    c. Barang-barangyang diperdagangan adalah barang khusus
    d. Barang-barang yang diperdagangkan tidak tersedia di pasar
  7. Pasar tradisional dan pasar modern adalah jenis pasar berdasarkan....
    a. Manajemen pelayanan
    b. Manajemen pengelolaan
    c. Jumlah barang yang dijual
    d. Kegiatan distribusinya
  8. Contoh pasar tradisional adalah....
    a. Indomaret
    b. Alfamart
    c. Hipertmart
    d. Pasar kliwon (kudus)
  9. Harga pasar terbentuk setelah melalui proses....
    a. Jual dan beli
    b. Tawar menawar
    c. Penurunan harga
    d. Pembentukan pasar
  10. Pasar bisa dikelompokkan menjadi beberapa jenis berdasarkan sudut pandang. Pasar berdasarkan bentuk bisa dikelompokkan menjadi.
    a. Modern dan tradisional 
    b. Produktif dan non-produktif 
    c. Barang dan jasa 
    d. Input dan output
  11. Salah satu pasar dimana teradapat banyak produsen yang memproduksi atau menghasilkan barang serupa tetapi memilki perbedaan dalam berbagai aspek. Pengertian tersebut adalah pengertian pasar ….?
    a. Pasar persaingan sempurna
    b. Pasar oligopoli
    c. Pasar monopoli
    d. Pasar monopolistik
  12. 5. Promosi penjualan harus aktiv merupakan…. Pasar monopolistik.
    a. Ciri-ciri
    b. Sifat
    c. Faktor
    d. Kelebihan
  13. Pasar ini umumnya mudah dijumpai oleh konsumen sebab sebagian besar kebutuhan sehari hari tersedia di pasar ini. Dalam hal ini yang lebih diuntungkan adalah ….?
    a. Sales
    b. Pekerja pasar
    c. Kelurahan
    d. Produsen
Jawaban:
  1. c. Terdapat transaksi jual beli
  2. b. Persaingan sempurna
  3. c. 1,2,4
  4. a. Fungsi distribusi
  5. b. Pasar uang
  6. b. Pelaku ekonomi adalah masyarakat umum
  7. b. Manajemen pengelolaan
  8. d. Pasar kliwon (kudus)
  9. b. Tawar menawar
  10. d. Input dan output
  11. d. Pasar monopolistik
  12. b. Sifat
  13. d. Produsen

SOAL BESERTA JAWABAN TENTANG ANALISA PASAR

1. Mengapa pemasar atau manajemen perusahaan memerlukan informasi yang tepat dan akurat tentang produk yang akan dijual, konsumen dan pesaing serta potensi pasar?

Jawaban : Informasi yang tepat dan akurat diperlukan dalam mengambil sebuah keputusan jangka pendek maupun jangka panjang dengan maksud untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan dari sebuah usaha.

 2. Bagian selain bagian Marketing adalah merupakan pendukung dari bagian pemasaran, coba sebutkan alasannya?


Jawaban: Karena suksesnya bagian pemasaran merupakan kesuksesan bagianbagian lain dari perusahaan tersebut karena didukung oleh bagianbagian lain dari perusahaan.


3. Mengapa bagian marketing sering disebut jantung dari perusahaan?

Jawaban: Karena Bagian Marketing hidup matinya perusahaan, jika penjualan menurun maka perusahaan akan lesu, dan sebaliknya jika bagian marketing dapat memesarkan produk secara sukses maka perusahaan akan bergairah dan akan berjalan sesuai dengan mestinya

 4. Coba sebutkan bagian-bagian apa saja yang ada diperusahaan?

Jawaban: Bagian yang ada diperusahaan pada umum nya yaitu bagian marketing, bagian akuntansi, bagian keuangan, bagian produksi, bagian gudang, dan bagian service. Pada perusahaan yang besar organisasi akan semakin komplek akan lebih banyak perusahaan membentuk bagian-bagian di perusahaan, pada perusahaan kecil mungkin bagian-bagian pada perusahaan semakin sederhana. Bagian-bagian yang ada diperusahaan tergantung kebutuhan yang ditafsirkan oleh manajemen

5. Coba sebutkan bagian-bagian apa saja yang ada dibagian pemasaran?

Jawaban: Bagian marketing pada umumnya terdiri dari riset pasar, promosi, iklan, penjualan, distribusi dan layanan purna jual.

6. Mengapa riset pasar merupakan bagian terpenting dari bagian pemasaran?

Jawaban: adalah karena data dari riset pasar merupakan dasar keputusan manajemen diantaranya adalah pertama untuk menentukan Perlakukan produk yang sudah ada untuk meningkatkan penjualan. Kedua untuk menetukan Produk atau jasa baru yang akan di luncurkan (launching).

 7. Coba jelaskan apa yang dimaksud analisa, riset, pasar dan analisa riset pasar? dan cari referensi dari buku lain tentang analisa, riset, pasar dan analisa riset pasar.

Jawaban:  Analisa adalah suatu kegiatan untuk mencermati dan mengamati secara terperinci sesuatu objek dengan cara menguraikan unsurunsur pembentuknya atau penyusunnya untuk di kaji lebih lanjut. Sesuatu objek adalah produk dan data calon pelanggan berupa prilaku, keinginan dll yang berhubungan dengan produk dan layanan.  Riset adalah suatu proses investigasi yang dilakukan secara aktif, teliti, tekun, dan sistematis, bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan atau menafsirkan, dan merevisi atau menelaah yang baik dan yang buruk data atau informasi.  Pasar adalah salah satu dari berbagai alur yang beraturan (sistem), institusi atau lembaga, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur (tempat) dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang.  Analisa riset pasar adalah suatu rancangan, pengumpulan, analisis dan pelaporan data dan temuan secara sistematis, yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu (jenis-jenis pasar) yang dihadapai para pemasar atau perusahaan dengan menyajikan data hasil riset dengan maksud untuk dasar pengambilan keputusan pemasaran

8. Sebutkan tahapan dari Riset Pasar?

Jawaban:  Rancangan artinya merancang dengan mendifinisikan masalah dan Sasaran Riset  Mengembangkan rencana riset  Pengumpulan artinya mengumpulkan data atau informasi  Analisis artinya menganalisis data atau informasi yang diperoleh  Pelaporan artinya menyajikan hasil dari riset pasar temuan-temuan dari hasil riset pasar.  Informasi dari hasil laporan sebagai dasar untuk mengambil keputusan.

9. Siapa yang melakukan riset pasar?

Jawaban: Perusahaan atau lembaga dan perorangan yang membutuhkan data atau informasi mengenai barang atau jasa yang akan dijual atau barang yang akan di pasarkan.

10. Apakah riset pasar merupakan peluang usaha atau peluang pekerjaan, mengapa?

Jawaban: Riset Pasar dibutuhkan oleh setiap perusahaan, pemasar dan yang membutuhkan informasi tentang konsumen yang akan membeli produk atau jasa yang dibutuhkan, dengan demikian yang membutuhkan informasi tersebut membutuhkan seorang periset sebagai karyawan maupun konsultan periset.

Kamis, 01 Agustus 2019

JENIS PASAR

Jenis – Jenis Pasar dibedakan menurut bentuk kegiatan, cara transaksi dan menurut jenis barangnya.
Pengertian Pasar atau Definisi Pasar adalah tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli barang dan jasa.
Di pasar antara penjual dan pembeli akan melakukan transaksi. Transaksi adalah kesepakatan dalam kegiatan jual-beli.  Syarat terjadinya transaksi adalah ada barang yang diperjual belikan, ada pedagang, ada pembeli, ada kesepakatan harga barang, dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.
Jenis-Jenis Pasar
Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya. Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak nyata(abstrak).  Maka kita lihat penjabaran berikut ini:
  • Pasar Nyata.
Pasar nyata adalah pasar diman barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.
  • Pasar Abstrak.
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
Jenis pasar menurut cara transaksinya. Menurut cara transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.
  • Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
  • Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.
Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya. Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging serta pasar loak.
Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi. Menurut keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
  • Pasar Lokal
  • Pasar Daerah
  • Pasar Nasional dan
  • Pasar Internasional
Pengertian dan Macam-macam Pasar Menurut Bentuk dan Strukturnya
Pasar menurut struktur dibedakan menjadi empat macam yaitu pasar persaingan sempurna, monopoli, persaingan monopolistik, dan oligopoli.
a. Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna disebut juga pasar persaingan murni adalah pasar di mana terdapat banyak penjual dan pembeli dan mereka sudah sama-sama mengetahui keadaan pasar.
Pasar persaingan sempurna memiliki ciri-ciri berikut ini.
1) Banyak penjual dan pembeli.
2) Barang yang diperjualbelikan sejenis (homogen).
3) Penjual maupun pembeli memiliki informasi yang lengkap tentang pasar.
4) Harga ditentukan oleh pasar.
5) Semua faktor produksi bebas masuk dan keluar pasar.
6) Tidak ada campur tangan pemerintah. Contoh pasar persaingan sempurna antara lain pasar hasil-hasil pertanian.
b. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar persaingan tidak sempurna adalah kebalikan dari pasar persaingan sempurna yaitu pasar yang terdiri atas sedikit penjual dan banyak pembeli. Pada pasar ini penjual dapat menentukan harga barang. Barang yang diperjualbelikan jenisnya heterogen (berbagai jenis barang). Pasar persaingan tidak sempurna mempunyai beberapa bentuk pasar.
1) Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah pasar yang terjadi apabila seluruh penawaran terhadap sejenis barang pada pasar dikuasai oleh seorang penjual atau sejumlah penjual tertentu. Pada pasar monopoli terdapat ciri-ciri berikut ini.
a) Hanya ada satu penjual sebagai pengambil keputusan harga (melakukan monopoli pasar).
b) Penjual lain tidak ada yang mampu menyaingi dagangannya.
c) Pedagang lain tidak dapat masuk karena ada hambatan dengan undang-undang atau karena teknik yang canggih.
d) Jenis barang yang diperjualbelikan hanya semacam.
e) Tidak adanya campur tangan pemerintah dalam penentuan harga, contoh: PT Pertamina (persero), PT Perusahaan Listrik Negara (persero), dan PT Kereta Api (persero).
2) Pasar Persaingan Monopolistis
Pasar persaingan monopolistis adalah pasar dengan banyak penjual yang menghasilkan barang yang berbeda corak. Pasar ini banyak dijumpai pada sektor jasa dan perdagangan eceran. Misalnya jasa salon, angkutan, toko obat/apotik, dan toko kelontong.
Pada pasar persaingan monopolistik terdapat ciri-ciri berikut ini.
a) Terdiri atas banyak penjual dan banyak pembeli.
b) Barang yang dihasilkan sejenis, hanya coraknya berbeda. Contoh: sabun, pasta gigi, dan minyak goreng.
c) Terdapat banyak penjual yang besarnya sama, sehingga tidak ada satu penjual yang akan menguasai pasar.
d) Penjual mudah menawarkan barangnya di pasar.
e) Penjual mempunyai sedikit kekuasaan dalam menentukan dan memengaruhi harga pasar.
f) Adanya peluang untuk bersaing dalam keanekaragaman jenis barang yang dijual.
3) Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah pasar yang hanya terdiri atas beberapa penjual untuk suatu barang tertentu, sehingga antara penjual yang satu dengan yang lainnya bisa memengaruhi harga. Contoh:
perusahaan menjual mobil dan sepeda motor, perusahaan rokok, industri telekomunikasi, dan perusahaan semen. Pasar oligopoli mempunyai ciri-ciri berikut ini.
a) Hanya terdapat sedikit penjual, sehingga keputusan dari salah satu penjual akan memengaruhi penjual lainnya.
b) Produk-produknya berstandar.
c) Kemungkinan ada penjual lain untuk masuk pasar masih terbuka.
d) Peran iklan sangat besar dalam penjualan produk perusahaan.